Selasa, 08 November 2016

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Anak-anak



Memberikan makanan sehat anak memang menjadi sebuah keharusan dan kebutuhan yang harus dipenuhi dengan baik. Sebagai orang tua anda harus pandai dalam memilih bahan makanan mana yang cocok untuk diberikan kepada anak-anak. Memilih makanan untuk anak tidak hanya sekedar mengenyangkan tapi juga harus dapat memilih makanan yang baik untuk pertumbuhan dan otak anak.

Selain angka kecukupan gizi dan kualitas asupan nutrisi, kualitas dari bahan makanan pun harus juga menjadi pertimbangan bagi orang tua dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh anak-anak maupun anggota keluarga lain.

Berikut beberapa trik untuk mendapatkan bahan makanan sehat anak yang bisa anda aplikasikan dalam memaksimalkan usaha memberikan yang terbaik bagi anak-anak :

· Sayur dan buah yang masih segar dan berwarna cerah akan memenuhi kebutuhan vitamin anak. Pastikan juga tingkat kematangan buah tersebut pas untuk dikonsumsi anak-anak.
Sayuran Segar dan Tidak Segar


· Ikan segar dengan insang yang masih merah. Pastikan ikan tersebut tidak lengket atau lembek, tidak berbau terlalu amis, sisiknya tidak rusak dan tidak gampang copot.


·  Daging ayam yang masih segar adalah kulitnya masih mengkilap dan dagingnya kenyal. Sehingga anda harus memperhatikannya dengan baik untuk mendapatkan daging unggas yang masih segar dan berkualitas.
Daging Ayam Segar


·  Cara melihat telur masih baik adalah jika dipecahkan bagian kuningnya tidak datar dan mudah untuk dipisahkan dengan bagian putihnya.
Memilih Telur yang bagus


·  Tahu dan tempe sebagai sumber protein harus dipastikan masih segar dengan ciri tidak berlendir, baunya tidak kecut dan warnanya masih segar.

Makanan yang sehat dan berkualitas tentunya berawal dari bahan terpilih. Selain beberapa hal di atas ada hal lain yang perlu menjadi perhatian dalammendapatkan makanan yang berkualitas, yaitu :
1. Memperhatikan kesegaran dan tingkat kematangan bahan yang akan digunakan, ini menjadi hal penting untuk dilakukan sebelum mengolahnya menjadi makanan untuk anak-anak. Ketahanan tubuh anak yang belum sempurna akan memudahkan mereka untuk terkena bakteri dari bahan makanan tidak segar, sehingga para ibu harus jauh lebih hati-hati untuk menghindari hal tersebut. 

2. Selain bahan makanan yang segar, makanan sehat anak juga dipengaruhi oleh aspek kebersihan. Kebersihan makanan, kebersihan alat memasak, kebersihan saat pengolahan dan kebersihan saat menyajikan harus lah diperhatikan. Jangan sampai bahan makanan yang sudah baik dan sehat menjadi sumber penyakit karena kotoran yang tercampur saat pengolahan. 

3. Proses memasak pun harus dilakukan dengan tepat, makanan yang terlalu matang atau pun kurang matang juga tidak baik dalam mengoptimalkan kandungan gizi makanan tersebut. Perhatikan aturan memasak dari tiap-tiap bahan, karena matang berlebih belum tentu baik untuk makanan tertentu seperti sayuran. Sebaliknya  untuk bahan makanan dari daging harus matang dengan baik. 


Tidak sulit untuk mempersiapkan makanan yang baik untuk anak-anak jika anda mau untuk mencari tahu caranya.  Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan mencari tahu,yang penting semua kita niatkan untuk kesehatn anak dan seluruh anggota keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar