Rabu, 09 November 2016

Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Tubuh dan Otak Anak



Anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi harapan bagi semua orang tua. Untuk memenuhi harapan itu banyak hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Faktor - faktor tersebut diantaranya faktor makanan dan faktor aktivitas si anak. Orang tua harus mengetahui kegiatan atau aktivitas apa saja yang dapat merangsang pertumbuhan otak anak, dan selain itu harus juga memperhatikan makanan atau asupan gizi apa saja yang baik untuk pertumbuhanan tubuh dan daya ingat anak tersebut.
makanan untuk kecerdasan otak anak cerdas


Makanan sehat sangat penting diperhatikan terutama bagi anak yang berada pada masa emas pertumbuhan yaitu pada usia 0-3 tahun. Pada usia ini pertumbuhan otak berada pada masa optimal untuk berkembang dan menyerap dengan cepat semua hal.  Semakin banyak stimulus/rangsangan yang diberikan, semakin komplek sel-sel syaraf  yang terbentuk. Begitu juga dengan makanan, semakin banyak asupan gizi dan nutrisi yang diberikan ke otak, semakin bagus pertumbuhan dan pembentukan sel-sel syarafnya.

Untuk mendapat gizi yang baik maka anak – anak harus rajin dan teratur diberikan asupan makanan  sehat anak yang banyak kandungan vitamin dan banyak nutrisi, sebaiknya  anak – anak harus mengurangi makan makanan yang tidak sehat atau instant yang nantinya bisa melemahkan kekebalan tubuh anak dan berpengaruh tidak baik pada perkembangan mereka.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan anak – anak berbeda dari yang dibutuhkan orang dewasa, sehingga banyak orang tua yang melihat kandungan vitamin hanya terdapat pada buah – buahan saja, padahal yang dimaksudkan disini adalah makanan sehat anak empat sehat lima sempurna yaitu karbohidrat, sayur mayur, lauk pauk, buah – buahan dan tentunya susu sebagai asupan gizi yang baik untuk anak – anak.

Berikut kami akan informasikan makanan sehat anak yang bisa dijadikan acuan untuk diberikan kepada anak – anak agar merangsang pertumbuhan tubuh dan otaknya dengan maksimal, diantaranya adalah :
  1. Jenis makanan biji – bijian atau kacang – kacangan. Jenis makanan ini terdapat pada makanan seperti kacang hijau, kacang merah, popcorn, jagung dan makanan lainnya, dimana makanan ini kaya akan omega 3 yang sangat penting untuk asupan otak anak. 
  2. Tahu. Tahu merupakan makanan yang sering kita jumpai dan bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan, kandungan yang dimiliki tahu adalah sumber protein yang tinggi, Vitamin B, zat besi serta kalsium yang tinggi sehingga dapat memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. 
  3. Yoghurt. Yoghurt adalah merupakan pro biotik atau bakteri yang baik untuk pencernaan anak – anak, sehingga sangat disarankan untuk memakai yoghurt di aneka resep makanan anak. 
  4. Susu. Seperti kita ketahui susu merupakan minuman yang memiliki asupan yang baik yaitu kalsium yang tinggi dan Vitamin D yang sangat berpengaruh untuk pertumbuhan tinggi anak – anak, sehingga harus diberikan pada saat masa pertumbuhan mereka. 
  5. Ikan Salmon. Ikan salmon memiliki kandungan gizi yang sangat baik yaitu asam lemak dan juga omega tiga yang sangat baik untuk asupan otak anak, serta baik untuk daya tahan jantung anak – anak. 
  6. Umbi – umbian. Umbi – umbian adalah salah satu jenis makanan yang banyak memberikan manfaat yang baik untuk pertumbuhan anak, yaitu untuk kesehatan mata dan juga anti oksidan bagi tubuh anak.  
  7. Buah – buahan. Hampir semua buah – buahan mengandung vitamin yang tinggi untuk anak – anak yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan yang baik untuk anak – anak, sehingga jangan lupa untuk menambahkan buah – buahan di setiap makanan anak setiap harinya mulai dari wortel, alpukat, mangga adalah pilihan buah yang sangat dibutuhkan oleh anak – anak dengan vitamin pada jenisnya masing – masing. 
  8. Telur. Makanan ini banyak mengandung protein yang baik dan omega untuk memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak.  
  9. Karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi untuk anak – anak bisa kita temui pada roti, nasi ataupun kentang, karena jenis makanan ini memiliki sumber kesehatan yang baik untuk anak.  
  10. Madu. Memberikan madu sebelum anak-anak tidur akan meningkatkan pertumbuhan otaknya. Hal tersebut dikarenakan dalam bekerja otak akan membutuhkan energi sedangkan kandungan fruktosa dalam madu akan memberikan cadangan energi bagi hati serta membantu kerja otak saat malam hari. Madu memang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, selain itu kelebihan dari madu ini adalah nutrisi dan vitamin di dalamnya lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan sumber nutrisi lainnya.
madu untuk kecerdasan otak anak



Semua makanan dapat divariasikan menarik, berbentuk lucu dan kreatif dengan rasa yang nikmat, terutama bagi anak yang susah makan.

Informasi diatas adalah beberapa informasi yang bisa kami berikan tentunya juga masih banyak lagi makanan yang baik untuk anak – anak jenis ikan, daging, yang sangat kaya akan protein sehingga kita bisa memberikan kualitas makanan yang baik untuk anak – anak.

Harapan selaku orang tua adalah mereka akan tumbuh dan berkembang dengan baik ke depannya sebagai generasi penerus bangsa yang hebat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar