Minggu, 06 November 2016

Berbagai Pilihan Makanan Sehat Anak dan Keluarga



Makanan sehat anak – Seorang anak membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup bagi tubuhnya, nutrisi tersebut berguna untuk memaksimalkan tumbuh kembang tubuhnya. Sehingga anak-anak memerlukan berbagai makanan dengan nutrisi lengkap yang akan diberikan secara teratur. Selain memperhatikan asupan nutrisi dan gizi, seorang anak juga harus menghindari berbagai makanan olahan dan ringan yang buruk bagi kesehatan, seperti banyak mengandung gula dan lain sebagainya.

Gizi yang terkandung di dalam makanan yang diperuntukkan untuk anak-anak berbeda dengan yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Seorang anak lebih banyak membutuhkan kalori dengan sedikit nutrisi untuk tumbuh kembang si buah hati. Sedangkan seorang balita membutuhkan diet dengan kandungan jumlah lemak yang baik. Pada artikel kali ini kami hanya akan membahas mengenai berbagai makanan sehat anak untuk menunjang pertumbuhannya.

Berikut beberapa makanan sehat anak yang bergizi dan sangat baik anak-anak : 

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian, terutama yang mengandung omega 3, omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak anak serta dapat mengoptimalkan kecerdasan anak tersebut. Kacang juga merupakan salah satu sumber serat yang tinggi.
Kacang-kacangan sebagai makanan sehat anak

2. Tahu, memiliki kandungan vitamin B, zat besi, kalsium dan merupakan sumber protein, berbagai kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta untuk memaksimalkan pertumbuhan anak. 
 
Tahu sebagai makanan anak sehat
3. Yoghurt, lebih banyak dikenal sebagai sumber bakteri yang baik (probiotik). Probiotin memiliki peran penting dalam menjaga sistem pencernaan anak agar tetap sehat. Kebanyakan yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan segelas susu. 
yoghurt makanan sehat anak

4. Buah Mangga, yang merupakan salah satu buah tropis dengan rasa manis, buah ini juga merupakan sumber vitamin C, bermanfaat sangat baik terutama dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh (imunitas) dan menjaga kesehatan gusu serta gigi anak. 
Mangga makanan sehat anak

5. Susu, merupakan minuman yang kaya kalsium, jumlah kalsium yang terkandung di dalam susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang serta untuk gigi agar menjadi kuat. Vitamin D yang terkandung di dalam susu juga akan membantu dalam penyerapan kalsium. Susu sapi mengandung nutrisi yang lengkap untuk anak karena susu sapi adalah susu rendah lemak.
Susu Minuman Sehat Untuk Anak

6. Ikan salmon, berwarna merah muda merupakan salah satu makanan sehat anak. Salmon merupakan sumber asam lemak omega3 yang sangat penting serta baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak. Selain itu ikan ini juga termasuk makanan tinggi protein dengan kualitas yang baik, tepat untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.
Ikan Salmon Makanan Sehat Anak

7. Ubi jalar merupakan sayuran yang kaya akan betakaroten, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta dapat menjadi antioksidan yang baik di dalam tubuh.
Wortel juga memiliki kandungan betakaroten yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A juga merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata anak terutama dampak dari radikal bebas. 
Ubi Jalar Makanan Sehat Anak

8. Buah Alpukat, merupakan buah dengan kandungan lemak tak jenuh atau lemak yang baik bagi tubuh. Baiknya 25% - 35% kalori anak-anak disediakan dari lemak tak jenuh.  
Buah berrie, buah blueberry dan buah stroberi merupakan keluarga buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan beberapa fitokimia yang penting bagi tubuh. Berbagai zat tersebut bermanfaat untuk melindungi sel-sel dalam tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan serta dapat meningkatkan sistem imunitas / kekebalan tubuh. 
Buah Alpokat Makanan Sehat Untuk Anak

9. Telur merupakan sumber kolin, protein dan vitamin yang baik serta penting untuk membantu perkembangan otak anak. Telur tersebut bisa diolah dengan direbus, digoreng, diorak-arik, atau dibuat omelet. 
Telur Makanan Sehat Bagi Anak

10. Serat dalam gandum bermanfaat untuk mencegah sembelit serta menjaga kesehatan pencernaan anak. Anda dapat memberikannya pada anak dalam bentuk sereal gandum atau biskuit gandum. 
Gandum Makanan Sehat Anak

11. Daging yang kaya zat besi dan protein dan zat besi, berguna untuk mengoptimalkan fungsi otak serta perkembangan otak anak juga mendukung sistem imunitas / kekebalan tubuh anak. 
Daging Makanan Sehat Anak


12. Keju juga merupakan bahan makanan yang mengandung kalsium, protein, vitamin D dan fosfor. Sehingga keju merupakan salah satu bahan makanan yang tepat untuk pertumbuhan tulang anak. 
 
Keju Makanan Sehat Anak
13. Brokoli memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan serta berfungsi untuk memaksimalkan perkembangan mata anak. Selain itu brokoli juga memiliki kandungan serat yang tinggi, serat tinggi ini sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh serta mencegah terjadinya sembelit.
 

14. Sayuran serta buah-buahan yang berwarna cerah juga termasuk makanan sehat anak. Seperti tomat, pepaya, wortel, ubi jalar, labu juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. 

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan selain sehat adalah bagaimana  kesegarannya dan masa kadaluarsa dari makanan tersebut. Silahkan baca artikel Bagaimana Cara Memilih Makanan Sehat Untuk Anak.

Salam sehat selalu............ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar